ARTIKEL MULTIMEDIA DAN KOMPUTER
Sejarah
Multimedia
Istilah Multimedia berawal dari theater, bukan
computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali
disebut pertunjukan multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor
video, synthesized band dankarya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
Sistem multimedia dimulai padaakhir 1980-an dengan diperkenalkannya
Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada
tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan
video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok
perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun
1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran.
Citra visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat
lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan
video, dan scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon,
pita kaset dan compact disk...
Definisi Multimedia
Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat
danmenggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan teks, link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan
navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Pentingnya Multimedia
Pentingnya atau Kelebihan multimedia antara lain
adalah menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara
pandangan, suara dan gerakan. Lembaga riset dan penelitian computer, yaitu
Computer Technology Reseach (CTR), menyatakan bahwaorang hanya mampu mengingat
20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar.Tetapi orang dapat mengingat
50 % dari apa yang dilihat dan di dengar dan 30 % dariyang di lihat, di dengar
dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangatlah efektif.Multimedia menjadi
tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih
keunggulan bersaing perusahaan.
Perkembangan Multimedia
Morgan Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50
juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi
membutuhkan 13 tahun, TVkabel membutuhkan waktu 10 tahun dan internet
membutuhkan waktu 5 tahun.Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan
internet, maka multimediamerupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia
saat ini.
Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam
beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah
ini :
Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan
dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam
multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan
aplikasi multimedia.
Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau
publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks
dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai
ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia,
bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik
dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun
menciptakan sendiri.
Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi
aplikasi multimedia.
Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan
komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk
penerapan secara langsung.
Software Multimedia
1. Viewing : Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD).
2. Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui multimedia (software scanner, capture, camdig)
3. Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi sebuah sajian (adobe).
4. Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash).
1. Viewing : Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD).
2. Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui multimedia (software scanner, capture, camdig)
3. Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi sebuah sajian (adobe).
4. Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash).
Multimedia juga sangat
membantu dalam kegiatan belajar, selain dalam membantu kegiatan promosi, dimana
belajar mengajar merupakan hal yang patut di perhatikan dalam meningkatkan
sumberdaya manusia. Dengan meningkatnya sumber daya manusia maka suatu negara
dapat di katakan telah maju, dengan adanya multi media system belajar mengajar
dapat efektif dan efesien sehingga dengan adanya multimedia belajar dapat
berinteraktif.
Processor merupakan otak dan
pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah
Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer.
Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk
melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Komponen Output Device

Output Device atau dalam
bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan
sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan
Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data
kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam
bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga
atau tergambar/tertulis di kertas.
Secara umum ada 5 yang
termasuk dalam kategori output device yaitu :
- Monitor
- Speaker and Headphone
- Printer
- Projector
- Plotter

Monitor adalah perangkat
output yang paling umum. Monitor menampilkan informasi dalam bentuk tulisan,
gambar dan video. Monitor bisa dibedakan berdasar ukuran, resolusi, teknologi,
refresh rate dan juga warna.

Speaker dan head phones
adalah perangkat output yang menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik
maupun suara. Speaker dan head phone terhubung melalui sebuah kabel yang
ditancapkan pada sound card (perangkat pengolah suara)

Printer adalah perangkat
output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter,
tulisan, simbol maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini
juga sering disebut dengan hard copy. Printer bisa dihubungkan ke komputer
melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama, dan USB untuk jenis-jenis
printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa
digunakan melalui wireless (tanpa kabel).

Projector adalah
perangkat output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan
tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantulkan cahaya
berupa objek tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.

Plotter adalah perangkat
output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari
titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan
printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda.

Komentar
Posting Komentar